Lanjut ke konten

JENIS-JENIS KERTAS

Mei 9, 2012

jenis kertas photoMengenal Jenis Dan Ukuran Kertas Foto

Tak susah untuk menemukan jenis kertas foto yang akan kita gunakan, hanya saja lebih bijak kita memahami kebutuhan kita guna memperoleh hasil optimal. Ada banyak jenis kertas foto yang banyak beredar dipasaran, diantaranya;

1. Matte / doff paper;
Sangat mudah menyerap tinta dan sangat flexible, terlebih tak memantulkan cahaya.

2. Sublime paper;
Tipe ini bukan digunakan untuk mencetak foto bingkai, akan tetapi kertas ini hanya digunakan sebagai mediator transfer gambar ke t-shirt (kaos).

3. Double-side paper;
Kertas jenis ini dapat digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya (depan dan belakang), cocok untuk famplet.

4. Fiber matte;
Kertas jenis ini paling tahan lama, karana menggunakan pH netral (Archival paper).

5. Premium glossy foto paper;
Jenis ini biasa disebut oleh para user sebagai high glossy, jenis ini juga mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap, sangat cocok untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi.

6. Sticker glossy foto paper / vinil;
Kerap kita temui sticker dengan kertas dasar putih dan mengkilap. Kertas jenis ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto dengan resolusi tinggi.

7. Laster foto paper;
Jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan documenter, karna cukup awet bahkan bisa bertahan hinga puluhan tahun, tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff serta sangat cocok untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi.

8. Glossy foto paper
Karakter kertas yang mengkilap, memantulkan cahaya, permukaan yang lebih lengket terhadap kaca pigura dan putih mampu menghasilkan cetakan standar.

9. Canvas paper;
Gunakan jenis kertas ini untuk menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan.

10. Inkjet paper;
Kertas jenis ini kurang cocok untuk keperluan digital foto printing, karna kertas jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis. Semisal untuk mencetak sketsa gambar.

11. Metallic paper;
Layaknya tipe glossy namun lebih mengkilap lagi dan ada sedikit warna keemasan metallic. Kertas jenis ini mempunyai permukaan yang cukup halus.

12. Laminating paper;
Pada kertas jenis ini terdapat selaput plastic atau sejenisnya yang menutupi kertas.

13. Silky paper;
Kertas jenis ini mempunyai permukaan yang lembut namun tidak mengkilat. Daya lekat tinta cukup baik sehingga tinta tak mudah berpendar.

Ukuran Kertas Foto
• 3R = 8,9 x 12,7cm @300 dpi = 1051 x 1500 pixel
• 4R = 10,2 x 15,2cm @300 dpi = 1205 x 1795 pixel
• 5R = 12,7 x 17,8cm @300 dpi = 1500 x 2102 pixel
• 6R = 15,2 x 21,6cm @300 dpi = 1795 x 2551 pixel
• 8R = 20,3 x 25,4cm @300 dpi = 2398 x 3000 pixel
• 8R+ = 20,3 x 30,5cm @300dpi = 2398 x 3602 pixel
• 10R = 25,4 x 30,5cm @300 dpi = 3000 x 3602 pixel
• 10R+ = 25,4 x 38,1cm @300 dpi = 3000 x 4500 pixel

Jenis dan Ukuran Kertas

Dalam dunia percetakan, kita tidak akan lepas yang namanya kertas, karena mayoritas order percetakan berbahan dasar kertas, Kemampuan Anda dalam mengenal berbagai jenis kertas serta ukurannya tentu akan sangat bermanfaat bagi kelancaran bisnis percetakan Anda, juga untuk menekan cost, selain itu juga akan meminimalisir kesalahan dalam proses order. Dalam dunia cetak, kesalahan yang kita anggap kecil terkadang dapat berakibat fatal akibatnya, Maksudnya gimana sich ?

Contoh sederhannya begini,

Misalkan Konsumen Anda ingin memesan kop surat perusahaan dengan spec bahan kertas HVS 80 gr ukuran Folio ( F4 ), sebanyak 5 rim, dengan harga jual Rp 100 ribu / rim.

Permintaan kertasnya jelas, HVS 80 gr uk. F4. Ini akan menjadi masalah jikalau Anda salah dalam membeli kertas akibat ketidaktahuan Anda akan jenis dan ukuran kertas, misal lalu Anda beli kertas HVS 80 gr dengan ukuran A4, sepintas sama kertasnya, namun sesungguhnya ada perbedaan yang jauh sekali dari keduannya, yang pertama ukuran F4 yaitu 21.5 x 33 cm, sedang yang kedua 21 x 29.7 cm. Jadi cuma beda antara F dan A.
Karena ukurannya beda maka kemungkinan konsumen Anda akan komplen, karena ukurannya tidak standar seperti yang diinginkan, artinya juga Anda harus cetak ulang ordernya, yang berarti Anda harus keluar uang lagi untuk penggantian kesalahan tersebut.

Tapi relax aja bro, jangan karena takut salah lalu Anda mundur untuk mulai usaha percetakan. Kalau anda sudah baca artikel ini, lalu anda terapkan, serta lebih hati – hati, beres sudah urusan. Dan yang lebih penting jalani aja dulu, dapatkan ordernya lalu sambil proses ordernya Anda belajar mengenal jenis kertasnya.

About these ads

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: